Minggu, 12 Oktober 2014

Review Jurnal Internasional tentang Sistem Operasi Mobile

International Journal of  Engineering Innovation & Research
Volume 1, Issue 2, ISSN : 2277 – 5668
Resume
Mobile Operating Systems


Vipin Kamboj
Lecturer
Guru Nanak Khalsa Inst. of Tech. & Mgt. Studies,
Yamuna Nagar
Email: vipsmaxoffice@gmail.com
Mobile: 9996377888 

Hitesh Gupta
Lecturer
Guru Nanak Khalsa Inst. of Tech. & Mgt. Studies,
Yamuna Nagar
Email: hitesh_gupta@live.com
Mobile: 9896343333




Abstract
Mobile phones are used by every people in today’s life. We use mobile phones without knowing the different factors that a mobile used including its technology, operating system, CPU ,RAM etc. Many types of operating system are used by different mobile. Every operating system has their advantage & disadvantage. Some of the operating system include many advanced features like multitasking, live wallpaper, messaging, internet browsing etc. This paper discuss the features of various mobile OS start from their emergence and a small history of mobile phones which show how mobile phones are introduced from scrap.

Abstrak
Ponsel digunakan semua orang dalam kehidupan sehari – hari. Kita menggunakan ponsel tanpa mengetahui factor yang berbeda yang digunakan ponsel termasuk teknologi, sistem operasi, CPU, RAM, dan lain – lain. Banyak jenis dari sistem operasi yang digunakan oleh ponsel yang berbeda. Setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa sistem operasi memiliki berbagai fitur canggih seperti multitasking, wallpaper gerak, pesan, browsing internet dll. Paper ini membahas fitur dari berbagai OS ponsel mulai dari munculnya mereka dan sejarah singkat ponsel yang menunjukkan bagaimana ponsel diperkenalkan dari bekas.
Tulisan diatas merupakan contoh dari sebuah jurnal internasional dengan tema sistem operasi mobile, yaitu sistem operasi yang bekerja pada gadget. Jurnal tersebut memiliki isi yang cukup lengkap mengenai sistem operasi yang digunakan pada mobile.Jurnal berisi pangenalan sistem operasi yang digunakan, sejarah sistem operasi pada mobile, dan sistem operasi pada mobile.

Dulu mobile atau handphone hanya digunakan untuk melakukan panggilan atau menelpon dan mengirim pesan singkat. Namun seiring berkembangnya zaman, handphone berkembang dengan menambah fitur-fitur yang membuat handphone itu sendiri mempunyai kegunaan layaknya komputer atau notebook. Seperti, memutar musik, menjelajah internet, memainkan game online maupun offline, membuka berkas-berkas berupa data tabel maupun artikel, mengambil gambar, merekam video, dan fitur-fitur lain yang menunjang kemajuan teknologi.

Dalam jurnal ini, sedikit menyinggung mengenai sejarah dari ditemukannya telepon yaitu, pada perang dunia kedua. Ketika para tentara menggunakn sinyal radio untuk berkomunikasi yang kemudian berkembang dari walkie-talkie, yaitu alat komunikasi dua arah yang pertama, alat tersebut memiliki ukuran yang cukup besar.

Dalam jurnal ini, dipaparkan beberapa tentang sistem operasi pada mobile diantaranya : Symbian, Microsoft Windows Mobile OS, Android, Samsung Bada, dan Blackberry OS, hingga mengenai sejarah sistem operasi ponsel/mobile tersebut. Dan jurnal ini menyimpulkan mengenai apa yang telah disampaikan diatas yaitu sejumlah OS ponsel yang tersedia di pasar dengan berbagai jenis fasilitas. setiap perusahaan meng-upgrade OS mereka untuk kebutuhan terbaru dari pengguna sehingga dapat lebih sebagian besar pasar. Dalam mengikuti pangsa pasar gambar ditampilkan berbeda OS hingga 2007 yang menunjukkan perubahan besar dalam pangsa pasar. Selama tahun 2007 Symbian mengambil lebih dari 60% dari pasar tetapi pada sampai tanggal android memimpin. Sebuah perlombaan dimulai besar antara Mobile OS untuk mengambil pangsa pasar maksimum.


(sumber:http://www.ijeir.org/index.php/issue?view=publication&task=show&id=40)

Dibuat oleh:
RANDA ADHIYA RAKHMAN / J1F111203
ANDRE RIVALDY RESPATI PUTRA / J1F113005
RAMADONI NOOR RACHMAN / J1F113053

Tidak ada komentar:

Posting Komentar